fbpx

Pintar Bahasa Inggris, Ini yang harus kamu kuasai

pintar berbahasa inggris

Dalam berbahasa sebenarnya ada 4 kecakapan atau keahlian dalam berbahasa yang perlu kita ketahui. Kemampuan ini dikaitkan dengan panca indera yang dimiliki manusia yaitu mata, telinga, dan mulut serta tangan. Kemampuan itu adalah kemampuan membaca, kemampuan mendengar, kemampuan menulis dan kemampuan berbicara.

Sehingga digabungkan dengan gaya belajar bahasa inggris yang dimiliki, setiap orang bisa belajar bahasa Inggris dengan fokus pada kemampuan yang ingin diraih.

Pintar Bahasa Inggris dalam Membaca

Salah satu kemampuan dasar dalam pintar bahasa inggris adalah membaca. Kemampuan membaca adalah sangat-sangat penting dalam berbahasa.Mengapa demikian? Karena membaca adalah gerbang dari informasi yang masuk.

Membaca melibatkan tulisan, dimana tulisan bisa dihasilkan oleh orang yang hidup pada waktu yang berbeda. Kita masih bisa membaca kan dongeng dongeng masa lalu yang ditulis di buku-buku. Membaca juga dapat dilakukan tanpa harus bertemu dengan orangnya secara langsung. Dan membaca memiliki media paling murah yaitu kertas. Dengan buku, kita bisa baca dimana saja tanpa harus alat apapun.

Belajar membaca adalah cara membangun kosa kata atau vocabulary, itu lah sebabnya kita sangat mudah memahami kata “I love You” dengan cepat. Karena kita tahu apa arti I, love, dan you. Dimana saja ada tulisan itu, langsung bisa tahu artinya kan?

Nah itulah kekuatan membaca. Membaca memungkinkan kita untuk membaca apa saja yang tertulis. #kecuali yang tertulis dihatimu #ehem

Pintar  Bahasa Inggris dalam Mendengar

Kemampuan kedua adalah mendengar. Mendengar itu menyenangkan. Karena kalau dalam membaca, kita kadang tidak bisa merasakan rasa di dalamnya. Kecuali si penulis menggunakan kata-kata yang spesifik mengambarkan perasaannya.

Apa sih kemampuan mendengarkan? Ya, itu kalau ada orang ngomong, kita bisa langsung paham artinya. Misalkan kalau kamu denger lagunya Raisa, Could It Be.

Kalau kamu cuman bisa menikmati lagunya doang, #hihihi kasihan deh. Padahal lagu itu kan kombinasi alunan musik dan kata-kata di dalamnya. Itu baru raisa, gimana adele, someone like you.

Yang bahasanya sudah campur-campur simbolik rasa gitu. #uhuy Nah, buat kamu yang sudah memiliki kemampuan  mendengarkan,  selamat karena kamu sudah dua langkah di depan memahami sebuah bahasa Inggris.

Pintar  Bahasa Inggris dalam Menulis

Menulis adalah tingkatan lanjutan dari seorang pembaca. Menulis berarti mulai mengeluarkan ide diri ke luar. Kalau membaca bersifat menyerap, maka menulis bersifat menularkan. Sehingga kalau kamu sudah beranjak ke kemampuan menulis dalam bahasa Inggris maka, kamu sangat beruntung.

Dalam menulis dibutuhkan kemampuan untuk menjelaskan dengan baik. Kemampuan menceritakan secara runtut akan memudahkan pembaca dalam mencerna apa yang dituliskan. Kemampuan memilih kata yang tepat juga sangat penting. Terlebih kemampuan tata bahasa, grammar, yang bisa langsung memberikan nilai terhadap kemampuan kita menulis.

Menulis memberikan peluang kita lebih jauh. Kita bisa menulis cerita hingga sebuah novel. Kita bisa menulis blog, sampai script berita. Atau sekedar menjadi seorang penterjemah tulisan. Namun semua itu merupakan kemampuan yang harus sering diasah.

Dan buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri. Kemampuan menulis dalam bahasa Inggris adalah salah satu prasyarat untuk bisa diterima. Kasihan dong dosennya, kudu terima jawaban dalam bahasa Indonesia. #hehehe

Dengan bahasa Inggris, kamu bisa menulis jurnal jurnal ilmiah yang akan dibaca secara universal oleh banyak orang. Tidak hanya 270 juta penduduk Indonesia, tetapi milyaran orang yang berbahasa Inggris, puluhan kali lipat.

Pintar Bahasa Inggris dalam Berbicara

Dan terakhir adalah kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Ini adalah kemampuan yang jauh lebih lagi. Karena berbicara membutuhkan kemampuan untuk bersifat responsive. Berpikir cepat dalam mencerna apa yang dikatakan orang, dan meresponse dengan jawaban yang tepat.

Sempat misalkan ada bule lewat, tanya “Do you know how I can get to Monas?”, terus kita bingung jawabnya, apa yang terjadi? Meskipun kita memiliki kemampuan mendengar, maka jawabannya adalah bahasa pantomim. Alias bahasa tubuh, dengan tangan yang bergerak gerak dan bahasa Indonesia. Bule-nya lemes sambil matanya terbuka lebar, mencoba memahami maksudnya apa.

Apa lagi kalau mau studi di luar negeri, baru keluar bandara saja sudah bingung mau kampus yang kamu tuju, ngomongnya gimana? Gimana kalau sempat mau bilang “nyontek dong” sama cowok bule ganteng. #hehehe

Kesimpulannya, kalau kita sudah tahu sekarang kalau ada empat kemampuan pintar bahasa inggris, maka kita bisa fokus pintar mana dulu yang mau diraih. Kalau sudah pintar membaca, saatnya untuk geser ke pintar mendengar. Kalau sudah pintar mendengar, saatnya ke pintar menulis atau berbicara.

Katanya “every road will get you no where”, artinya kalau kamu nggak punya tujuan, kamu nggak akan pernah sampai meskipun kamu sudah coba banyak hal.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend