fbpx

Menulis Kalimat Deskriptif yang Baik Berbahasa Inggris

kalimat deskriptif dalam bahasa inggris

Jika kita melihat sesuatu benda, pasti kita akan melihat dan menilai benda tersebut sesuai dengan apa yang kita lihat, semuanya mulai dari yang singkat sampai detail. Nah, itulah yang disebut dengan kalimat deskriptif. Dalam bahasa Inggris, juga ada yang namanya kalimat deskriptif. Di kalimat deskriptif ini kita disuruh untuk mendeskripsikan semua yang kita lihat. Namun ada hal – hal yang perlu diperhatikan agar kalimat deskriptif ini baik dan bagus. Berikut ini tips – tips menulis kalimat deskriptif yang baik berbahasa Inggris.

Tentukan objek deskripsi dengan jelas.

Tentukan dulu objek mana yang akan dideskripsikan. Tentukan objeknya dengan jelas. Semisal rumah ya rumah yang mana yang akan dideskripsikan. Jangan rumah yang dulunya ada, sekarang sudah dibongkar yang dideskripsikan. Memang sebenarnya bisa dideskripsikan, namun sulit mencari informasi yang benar tentang rumah yang lama tersebut.

Lihat dengan baik cirinya dari berbagai sudut.

Setelah kita tentukan, mulai lakukan analisis tentang ciri – ciri objek tersebut. Biasanya ciri – ciri objek bisa dilihat atau didengar secara langsung. Contohnya, rumah itu temboknya berwarna merah, atapnya putih, dan lain sebagainya. Ciri – ciri sangat mudah sekali untuk ditemukan dan dianalisis.

Analisis ciri – ciri khusus dari objek tersebut.

Ciri – ciri khusus ini cukup sulit untuk ditemukan. Biasanya, analisis khusus ini perlu di analisis lebih dalam lagi agar terlihat. Seperti contohnya, dari luar tampak temboknya berwarna merah, namun belum tentu tembok bagian dalamnya berwarna merah. Kita perlu meneliti lebih lanjut lagi tentag ciri khusus ini. Seperti ternyata rumah bagian dalamnya berwarna kuning.

Cari tahu sifat – sifat dari objek tersebut.

Nah, setelah kita tahu semua ciri – cirinya, maka selanjutnya kita ketahui sifatnya. Sifat disini adalah bagaimana tentang ciri – ciri tersebut. Seperti rumahnya memiliki sifat luas dan tinggi. Temboknya berwarna merah, merah tua. Seperti pintunya terbuat dari kayu yang kokoh, kuat, dan lain sebagainya.

Buat sebuah kesimpulan dari deskripsi objek tersebut.

Nah, setelah itu kita buat kesimpulannya. Yang dimaksud disini bukan kesimpulan seperti jurnal ilmiah. Namun, menggabungkan semua analisis diatas menjadi sebuah kalimat yang urut menarik, dan sesuai dengan objek yang diteliti. Susun menjadi sebuah paragraf yang enak dibaca seperti sebuah cerita.

Sekian dulu tips – tips menulis kalimat bahasa Inggris yang baik. Nah, dari tips – tips diatas kita nantinya harus lebih diperbaiki lagi dalam menulis deskriptif berbahasa Inggris. Jangan sampai asal ngawur saja menulis setiap ciri atau apa yang kita lihat. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to a friend